Sunday 6 September 2015

Tips Menghemat Baterai HP Android

Beberapa tips cara menghemat baterai HP android :


1. Atur pencahayaan
Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengatur pencahayaan smartphone anda. untuk lebih menghemat baterai ponsel anda, pengaturan pencahayaannya bisa diubah menjadi lebih redup, tidak terlalu terang. pencahayaan layar smartphone android yang terlalu terang biasanya cepat menguras baterai smartphone anda.


2. Matikan koneksi
Tips ke 2 yaitu dengan cara mematikan koneksi dari smartphone android tersebut. koneksi yang admin maksudkan disini itu seperti koneksi internet, data seluler, wifi, bluetooth, infra red,dan gps. jika tidak sedang digunakan, baiknya anda matikan koneksi tersebut dan gunakan dengan bijak untuk menghemat baterai smartphone anda. Matikan koneksi datanya ketika sedang tidur merupakan salah satu tips untuk menghemat batere dan data.

3. Tutup atau uninstall aplikasi yang jarang digunakan
Tips selanjutnya yaitu dengan membiasakan menutup aplikasi atau dengan logout dari aplikasi tersebut. terutama aplikasi media sosial baik itu facebook, twitter, instagram, bbm, line, path, dll. karena jika anda tidak melogout aplikasi tersebut, koneksi data akan otomatis terus tersambung dan biasanya banyak muncul notifikasi dari aplikasi sosial media tersebut. hal ini tentunya sangat cepat menguras baterai smartphone android kita. untuk itu dibiasakan untuk melogout aplikasi jejaring sosial tersebut jika tidak digunakan dan login kembali seperlunya. lebih bagus lagi jika anda menguninstall aplikasi tersebut atau aplikasi yang kurang berguna, agar kinerja smartphone android kita lebih ringan sehingga bisa lebih menghemat daya baterai ponsel pintar kita. 

4. Atur smartphone dengan mode senyap atau matikan vibrasi
Dengan mengatur smartphone ke mode senyap tentunya bisa lebih menghemat daya baterai ponsel kita, dengan mode senyap jika ada notifikasi panggilan, sms atau notifikasi lainnya perangkat kita tidak mengeluarkan suara dan juga getar sehingga lebih menghemat daya baterai. karena vibrasi atau getar memerlukan daya yang lebih kuat sehingga sangat menguras daya baterai.

5. Selalu pakai settingan default atau settingan pabrik
Maksud dari mengatur ke settingan default atau settingan pabrik disini yaitu dengan menggunakan tema atau nada dering yang standar, tidak menggunakan tema yang macam-macam yang bisa memberatkan kinerja smartphone anda sehingga bisa membuat daya baterai anda cepat habis. selain itu juga dengan menonaktifkan widget yang dapat memberatkan kinerja smartphone kita seperti widget weather. Bisa juga dengan tidak menampilkan banyak icon di layar menu utama smartphone anda untuk menghemat baterai.

6. Mengatur waktu hobi game anda
Mengatur waktu hobi bermain game di smartphone anda, ini salah satu yang terpenting juga untuk menghemat daya baterai anda. kebanyakan pengguna tidak bisa mengatur bermain game di perangkat android mereka. bahkan untuk yang maniak game bisa menghabiskan waktu berjam-jam sampai seharian untuk bermain game dengan perangkat android mereka. sudah jelas tentunya bermain game cepat menguras daya baterai smartphone kita, untuk itu kita perlu mengatur waktu bermain game dan tidak berlebihan dalam bermain game. jika anda memang maniak game lebih baik bermain game diperangkat yang memang dikhususkan atau dirancang untuk bermain game seperti di perangkat Play station, game console, dll.

7. Menggunakan aplikasi penghemat batera

Tips terakhir yaitu bisa dengan menggunakan aplikasi penghemat daya baterai yang banyak tersedia di google playstore. banyak sekali tersedia aplikasi penghemat daya baterai baik itu yang berbayar atau yang gratisan yang bisa anda download di Google Playstore. Diantaranya aplikasi penghemat baterai gratis yang bisa anda gunakan yaitu DU Battery Saver, Easy Battery Saver, Battery Doctor, dll

Demikian seputar tips menghemat batere hp android. Terima kasih

Artikel Terkait Lainnya :



No comments:

Post a Comment